Tuesday, August 16, 2011

H-2 OSPEK FKG Trisakti 2011

H-2 menjelang hari pertama OSPEK FKG TRISAKTI 2011!!! Rasa senang, takut, bahagia terlepas dari kebosanan harian di rumah, khawatir, tertantang, dan masih banyak lagi rasa nano-nano lainnya yang saya rasakan. Banyak orang-orang yang bilang OSPEK di Trisakti terkenal “jahat”. Benarkah? Semua itu tentunya akan saya buktikan sendiri tanggal 18 Agustus nanti. Masa OSPEK ini berlangsung selama tiga hari, terhitung dari tanggal 18-20 Agustus. Beberapa hari lalu kami, maba-maba FKG Trisakti 2011 pastinya udah nerima surat pengumuman dari pihak Trisakti. Tapi anehnya di surat itu, gak ada tuh yang tulisannya “Masa Orientasi MABA” atau “OSPEK MABA” atau semacamnya. Di situ hanya tertulis “psikotes dan seminar, serta pengenalan fasilitas + dosen-dosen pengajar”. Tidak ada indikasi adanya ospek sama sekali! Tapi, bukan trisakti namanya kalau gak ada ospek. Setidaknya begitu kata beberapa senior di sana (untungnya ada beberapa kenalan senior dari teman-teman atau kakak kelas dulu).

Sebagai seorang melankolis, rasanya susah banget buat saya kalau liburan gak nyiapin apa-apa buat kuliah. Setidaknya harus siapin mental, salah satu caranya ya cari-cari informasi tentang kuliah, termasuk ospek (salah satu aspek penting yang memulai segalanya). Bagi saya, OSPEK itu penting banget karena disitu kita bisa ngukur kesiapan kita sendiri ngadepin tantangan (baik dari tugas-tugasnya maupun tekanan dari orang-orang luar). Jadi, jangan sampe deh terlintas di otak buat skip atau bolos OSPEK. Banyak banget yang bakal dilewatkan. Maklum, di SMA dulu saya ga pernah bener-bener merasa dikerjain pas MOS. SMA saya adalah salah satu SMA yang udah membuang tradisi “dikerjain kakak kelas pas MOS” dengan alasan mencegah banyaknya protes dari berbagai pihak, khususnya orang tua murid. Memang bagus sih, hanya saja terkesan agak hambar. Jujur, untuk sekarang ini sih saya sangat menanti-nantikan tantangan dan ide-ide gila apa yang harus saya lakukan. Semoga saya sanggup dan kuat ya.

Mencari informasi soal FKG Trisakti sangat amat susah. Gak terlalu banyak info-info yang saya dapatkan dari internet maupun hasil introgasi kakak-kakak kelas yang udah masuk FKG Trisakti dari tahun-tahun sebelumnya. Saya juga bersyukur banget ada teman-teman (yang saat ini belum saya kenal baik) yang berinisiatif bikin grup MABA FKG Trisakti 2011, khusus! Tujuannya supaya kita bisa saling kenal dan tukar informasi. Disitu saya banyak banget dapat pencerahan dan info-info dari berbagai sumber. Salah satunya ada yang pernah post link blog seseorang yang ternyata setahun yang lalu juga adalah seorang maba FKG, sama seperti kita sekarang. Dia ceritain semua yang dia alami tahun lalu, dan itu sangat-sangat detail. Makasih banget buat senior Hansen Federal. Di post selanjutnya saya akan copas isi blog kakak senior Hansen ini. Semoga bisa juga buat jadi perbandingan.

Blognya bener-bener ngebantu banget buat ngasih gambaran gimana “parah”nya OSPEK disana. Parah bukan berarti brutal, tapi “crazy and insane”! Mungkin belum apa-apa buat sebagian orang, tapi bagi saya pribadi sih, ini cukup”WOW”. Memang belum tentu sama dari tahun ke tahun, tapi setidaknya tipenya sama. Setidaknya ini cukup lah buat jadi “spoiler”. Coba kalau gak ada blog ini, mungkin saya akan tercengang-cengang, bingung dan bimbang pas briefing hari pertama.

Beberapa “SPOILER” lainnya tentang OSPEK FKG antara lain:
1. Seragam wajib buat MaBa (yang katanya sudah tradisi turun temurun dan katanya lagi wajib dipakai setiap hari selama satu tahun!) :
  • Perempuan pake rok hitam semata kaki panjangnya, dan gak boleh yang tipenya mekar. Harus yang agak sepan (sengaja supaya ruang gerak terbatas). Kemeja putih lengan panjang
  • Laki-laki lebih simpel dan normal. Kemeja putih lengan panjang dan celana hitam bahan,akan TETAPI, tidak boleh berambut, alias botak. Hm, maksudnya boleh ada rambut tapi 1 cm aja. Kebijakan harus botak atau gak bakal dikasih tau pas hari pertama briefing, jadi sebaiknya jangan dibotakin dulu, siapa tau peraturannya beda :p
  • Untuk sepatu, tentu saja kets, tapi belum tahu boleh warna bebas atau nggak.
2. Maba akan sengaja dikasih tugas yang banyak dan disuruh cari barang macem-macem. Padahal kita pulangnya udah sore banget. Ada yang bilang, sengaja supaya besokannya pas dicek barangnya ga lengkap jadi bisa,…. hmm begitulah *glek

3. Pernah ada rumor yang mengatakan kalau pada saat kita dibentuk dalam kelompok, jangan sekali-kali kita gosipin tentang senior. Karena bisa aja ada kakak senior yang nyamar jadi Maba, pura-pura bikin masalah dan akhirnya kita terpancing emosinya. Dia yang akan pantau kita juga dari dalem. Wow yang ini idenya sungguh brilian! Really smart!
Masih banyak banget rumor-rumor yang beredar seputar ospek. Ada yang patut dipercaya, ada juga yang harus dipikir lagi. 

Tujuan utama saya bikin tulisan di blog ini (khususnya tentang ospek di FKG) karena pengen banget bagi-bagi pengalaman sama teman-teman yang mungkin akan bernasib sama seperti saya. Atau dengan kata lain, bagi mereka yang saat ini sedang bimbang mencari informasi tentang gimana rasanya OSPEK itu. Post-post saya selanjutnya akan membahas tentang semua itu. Semoga saya punya cukup waktu dan energi untuk menulis, memaparkan, dan menyajikan info-info yang kalian butuhkan di sela-sela jadwal yang amat mencekik jiwa dan raga ini. Semoga juga “sharing” singkat ini nantinya bisa jadi inspirasi dan kekuatan bagi yang sedang galau memulai dunia perkuliahan (sama seperti saya saat ini, haha).

@sinjoelf

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Bird Gadget