Thursday, March 01, 2012

Modul BHH

Modul BHH dibagi-bagi lagi menjadi beberapa kategori mapel, yaitu:
-Hukum dan Etika Profesi Medis
-Bahasa Inggris
-Bahasa Indonesia
-Agama

Sesuai dengan kategori pembelajarannya (yang kayaknya ga ada bau-bau biologinya sama sekali), dapat disimpulkan bahwa modul ini pada dasarnya mengajarkan kita dasar-dasar menjadi DOKTER YANG WARAS. Misalnya, dengan hukum, pasal-pasal dan peraturan undang-undang yang tidak kalah banyaknya dari pelajaran kelas SMA, saya pun menyadari kalo nasib seorang dokter juga selalu dihantui oleh bejibun peraturan-peraturan yang terkadang bermaksud baik (supaya jadi dokter yang bener) atau yang bermaksud MENCARI-CARI kesalahan semata. Profesi dokter paling rentan untuk bisa dicari kesalahannya, hukum dan pasal dicampur-adukkan, diputar-balikkan. Oleh karena itu dosen kami berkata,
“Jadilah seorang yang juga sekaligus seorang ahli hukum. Supaya kamu tahu cara menyelamatkan dan membela dirimu sendiri dari percobaan-percobaan manipulasi orang-orang yang menganggap remeh kita!”
Di modul ini, kalian akan banyak menemukan waktu untuk berdebat, berdiskusi, dan bertukar pikiran, beradu pendapat, beradu mulut untuk membahas topik-topik seputar dilema moral, walaupun dengan pengetahuan yang masih terbatas soal struktur hukum, persengketaan medis, dll. Dari bahasanya terdengar berat kah? Mungkin, tapi begitu udah mulai masuk ke dalam diskusi “panas”nya, dijamin tidak ada mulut yang tahan berdiam diri. Yang paling penting dari modul ini adalah rajin membaca, karena selain harus memperbanyak info tentang kasus-kasus kedokteran yang cenderung selalu bermunculan, buku-buku yang dipakai di modul ini juga tidak bisa dibilang cuma sedikit. 

Untuk pelajaran bahasa indonesia sendiri, tidak begitu masalah untuk orang Indonesia seperti kita (bukan berarti diremehkan). Untuk bahasa Inggris, jangan berharap kalian akan bertemu grammar, tenses, dan sebagainya. B.Ing di modul ini lebih menekankan pada KEAKTIFAN berbicara di kelas. Speaking, speaking, speaking,.. Jadilah orang yang bawel di kelas! Selain itu kita juga belajar bahasa Inggris ala dokter (maksudnya belajar istilah-istilah kedokteran)yang bakal sangat amat berguna bagi kita waktu membaca buku referensi bahasa Inggris atau bahkan saat nonton Grey’s Anatomy. Setidaknya sekarang saya pun ga cengo-cengo amat ketika mereka mulai berbicara dengan istilah-istilah bahasa planet itu.
Dengan berakhirnya modul BHH ini, berakhir pulalah semester 1! HUURAAY! Sungguh suatu kepuasan bisa menyelesaikan semester ini dengan cukup baik, walaupun pasti masih ada jatuh bangun, atau malam-malam galau tidak tenang gara-gara ujian. Di semester 1 ini saya banyak sekali belajar tentang penyesuaian diri dengan jadwal yang berubah-ubah dan cukup padat. Ditambah lagi perjalanan ke kampus yang jauh dan cukup melelahkan. Sekarang saatnya menikmati upah hasil jerih payah :
HOLIDAY

@sinjoelf

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Bird Gadget