Wednesday, August 24, 2011

OSPEK MABA FKG Trisakti 2011 (3)

Setelah surat cinta alay yang gua buat sampai jam 3..
Setelah tangan yang penuh corat coret spidol warna..
Setelah tulang jari yang pegal2..
Setelah kantung mata yang semakin kelabu..
Saya pun meutuskan untuk,... bangun


20 Agustus 2011
Setelah akhirnya dengan susah payah memaksakan diri untuk tetap masuk hari ini (tidak ada alasan buat nyerah) saya siap2 untuk menempuh hari terakhir OSPEK. Tugas dan atribut sudah dipastikan lengkap, hanya tinggal beberapa tugas yang masih bolong. Saatnya disalin di kampus bersama teman sekelompok. Saya berangkat LEBIH pagi lagi daripada hari sebelumnya. Setelah sampai di tempat tongkrokan kemarin, semua pun sibuk membagi dan meminta jawaban. Seperti biasa, sebelum masuk kampus harus minta tanda tangan satgas terlebih dulu. Sambil menunggu satgas, kelompok saya pun sibuk membicarakan tentang pentas per kelompok yang akan ditampilin nanti. Jujur aja waktu itu niat dan semangat saya buat pentas ini nol besar. Hopeless, letih, lelah, gak siap. Berharap gak ada waktu buat pentas dan saya sangat mengharakan adanya perubahan jadwal. Ide satu2nya kelompok saya adalah drama singkat yang memerankan kakak-kakak panitia OSPEK yang teriak-teriak ke anak-anak OSPEK berpenampilan cupu. Idenya cukup bisa diterima, namun rasa khawatir menyinggung para senior itu juga bikin saya jadi ragu dan ciut nyali.

Seperti biasa, paginya kami semua dijejelin di satu lobi, duduk rapat dan saatnya inspeksi atribut dan tugas. Ternyata hari ini yang gak bawa atribut dan tugas lengkap semakin sedikit! Ini benar2 kemajuan pesat. Kakak2 senior di depan pun jarang keliatan teriak2. Kira ada 20an orang yang disetrap di depan sekarang. Nah, di sini ini, kami ditanya sama kakak2nya “Ini teman kalian mau diapain? Kalian yang putusin!” Astaga, mana saya tahu mau diapain. Kalo diam, diteriakin supaya ngomong. Kalo bilang “Maapin aja kak”, dibilang “ENAK AMAT salah gak dihukum!” Kalo kami teriak “dihukum kak”, mereka bales “Mau dihukum apa?! Kalian putusin mau tega ngasih senior yang hukum atau kalian yang hukum!”. Yaiyalah gak tega senior yang hukum, makanya kami sepakat kasih hukuman nyanyi Indonesia Raya tok. Tapi ujung2nya, kita semua yang gak disetrap pun semua pada bangun, temenin temen2 kita yang disetrap dan nyayi bareng ngadep ke arah bendera *haha disini saya cukup takjub n terharu sama semangat kompak kita nolongin temen :”) . Tapi…. setelah selesai kakaknya malah bilang “Mahasiswa salah dihukumnya NYANYI ya? ANAK TK ITU!” Astaga mental drop seketika. Akhirnya mereka kasih kita hukuman lain, 1 angkatan nyanyi mars TRISAKTI, yang sama sekali belum pernah kita dengar! Mau download MP3 nya darimana coba? Harus udah bisa SEMUA sebelum pentas seni. OMG! Hukuman dipending.

Setelah itu saatnya “game”. Oke emang bener, “game” dengan tanda petik. Semua cewek disuruh duduk baris. Tugas kita selanjutnya adalah iketin pita 9 warna trisakti di rambut cewe di depannya dengan waktu yang singkat, harus lengkap, dan sambil ngedot empeng! Konyol, fun, pasrah, malu, campur jadi satu. Kalau ada yang gak lengkap dimarahi dan disuruh minta bantuan teman di sekelilingnya. Yak, “game”! Setelah itu, masih dengan rambut penuh pita warna, kita melanjutkan aktivitas.
Kali ini kita akan denger presentasi dari organisasi2 kemahasiswaan yang ada di Trisakti. Kayaknya fun banget, soalnya saya cukup tertarik dengan hal macam ni. Tapi bukan di ruang auditorium yang nyaman lagi kita dikumpulinnya, tapi di aula yang gak terlalu besar, duduk di lantai dan itu sempitnya bukan main, haha! Yaiya, kita dikasih ruang nyaman pada tidur juga. Dari presentasi itu saya banyak tau kalo ada organisasi2 yang nantinya bisa kita ikuti misalnya jadi anggota parlemen, BEM, UKM, Kongres, Kepresidenan, dll. Lingkupnya juga macem2. saya sendiri gol dalam waktu deket ini pengen banget ikut BEM (jadi yang OSPEK-in huahaha, kalo nggak yang bikin acara seni atau sosial) walau banyak banget syarat2 dan tanggung jawabnya. Selama presentasi, asik banget bisa kenal beberapa senior juga, tapi rasa kantuknya itu super luar biasa loh! Mata saya masih gak bisa ditahan. Curi2 nunduk pun tak terelakkan lagi. Sungguh keterlaluan.

Akhirnya waktunya acara ORMAS, kumpul2 di komunitas sesuai agama masing2 kayak kemarin. Gak tau kenapa ya, pas masuk ke sana rasanya nyaman dan diwelcome dengan amat sangat. Dikasih makan, itu penting banget! Kita nyanyi2, dibagi dalam kelompok, sharing sama kakak mentor, dll. Stres sesaat terangkat. Dari yang tadi liat kakaknya yang cembetut mulu, sekarang semuanya ramah dan senyum. Bahkan kita bisa minta tolong diajarin lagu mars Trisakti, kesempatan emas untuk menolong satu angkatan! Dalam waktu dekat ini Apollonia (nama komunitasnya) juga ada semacam baksos wajib ke Kidzania, main sama anak2, bantuin, dll. 150rb uda include macem2. Jangankan wajib, nggak aja pasti saya ikut! Bahagia banget di Apollo :)

Tapi, kita gak bisa di sana terus2an. Saatnya balik ke acara OSPEK. Saatnya PERNYATAAN CINTA! Bukan langsung, tapi melalui surat alay dan mawar 13 ribu beli di abang2. Mau kasih ke senior siapa aja saya ga ambil pusing deh, yang keliatannya paling gampang dapet penggemar aja, biar rame2 malunya haha. Setelah itu kita diajarin mars trisakti sama grup padus Trisakti. (Astaga ternyata diajarin juga ujungnya). Acara selanjutnya terbilang cukup menghibur. Beberapa temen kita disuruh maju dan perform di depan semua sambil ngelawak, harus lucu, tapi… kita yang nonton gak boleh senyuk atau ketawa! Susahnya banget, semuanya kocak. Peran banci lah, upin ipin, penari ular, 7 icon, SMASH (yg ini paling menghibur), ketawa dan senyum udah susah payah saya tahan. Curi senyum dikit lah paling. Kalo yang ketangkep ama senior, mesti bergabung sama grup lawak yang lagi tampil di depan! Haha!
Waktu udah hampir jam 4 dan belum ada tanda2 disuruh pentas seni. saya udah cukup lega, tapi ternyata tetep ada! Panik, gak tau apa2. Akhirnya tetep di rencana semula, meranin simulasi OSPEK. Oke kalau dihukum bareng2 aja dah pokoknya! saya mengajukan jadi anak ospek cupu aja, takut melakukan hal-hal gila di wilayah yang masih baru gitu :( Saatnya tampil satu2. Entah mengapa kelompok saya dapet urutan terakhir! Selama yang lain perform, belum ada yang temanya sama kaya kel saya, dan tiba2 saya dengar salah satu senior di belakang bilang “Kenapa gak ada yang dramain ttg OSPEK ya, padahal kan… blablabla…*lupa” saya tanpa sadar nengok, bodohnya! Kakaknya langsung respon, “Ooo...” seakan tau kalau kel saya punya rencana itu. Saatnya tampil, aku si anak cupu. Di drama itu pemegang kuncinya 2 org temen saya yang jadi kakak senior yang kejam. Namanya Natashia dan Dwi. Mereka berdua total banget, no doubt, they’re the stars! Gak nyangka saya, ternyata semua terhibur! Kita gak bakal disensiin sama senior, mereka cukup menikmati kegalakkan Tasya berperan sbg senior super galak, dan Dwi senior bermuka dua (kadang2 lurus, kadang2 gemulai), semua dianggap buat FUN! Oke mungkin saya yang terlalu banyak khawatir. Sekali-kali harus hantam hal yang ekstrim sekalian ya! Sukses sukses…

Singkat cerita, tibalah kita di penghujung OSPEK (FINALLY!!!) Setelah beberapa kata sambutan dari Dekan FKG, Prof. Melanie, Beliau menutup acara OSPEK MABA FKG 2011 ini! Ketua BEM dan panitia juga ngasih kata2 penyemangat, yel2 angkatan, dan seru-seruan penyambutan kita sebagai MABA. Di situ kakak2nya minta maaf sagala macem kalau udah galak2 sama kita, memang di OSPEK dituntut untuk kaya gitu supaya mental kita bener2 kuat, kerja di bawah tekanan, bukan cuma waktu, tapi juga orang-orang di sekitar kita. Kita diajarin gimana caranya bertahan, saling dukung sesama teman, walau kita belum kenal deket. saya amat bersyukurlah saya gak mundur atau bolos (setau saya kalau ga masuk ada sesuatu yang disiapin senior buat kita, nah loh). Jadi sebisa mungkin tahan dan selesaikan aja, cobaan ini gak akan selamanya kok, malah amat menguatkan!

Oke, ini baru OSPEK. Masih banyak cerita lainnya yang menunggu untuk dialami dan diceritakan ke depannya. Kesempatan OSPEK gila kayak gini belum tentu didapat semua orang. Ada orang yang bilang “untung saya ga kayak gitu”, tapi di situasi sekarang saya mikir “untung saya kaya gitu”, haha! Pengalaman, kesempatan, dan tantangan kaya gini, kapan lagi? SALAM MAHASISWA!

@sinjoelf

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Bird Gadget